4 alat penting untuk Manajemen SDM yang efisien



IDN TERUPDATE - Transformasi digital telah secara dramatis mengubah pekerjaan departemen perusahaan. Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu departemen di mana inovasi telah mengubah banyak hal dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Selama dekade terakhir, peran sumber daya manusia terutama mengatur penggajian, pensiun dan liabilitas pajak. Departemen SDM juga bertanggung jawab atas perekrutan, menanggapi persyaratan departemen departemen lain di perusahaan. Proses ini biasanya melibatkan pengaturan publikasi iklan online dan koran. Dalam beberapa kasus, terutama di bidang manufaktur dan menyediakan layanan, manajemen SDM juga mencakup produktivitas staf pemantauan.

Manajemen SDM hari ini

Teknologi telah membuat manajer SDM lebih efisien baik dalam menemukan staf baru dan dalam mengelola penggajian. Pemantauan kinerja dan mengevaluasi tunjangan kesejahteraan perusahaan juga ditangani dengan cukup baik. Sebuah perusahaan yang dikelola dengan baik mencoba untuk menghindari staf perubahan yang berlebihan dalam posisi paling senior, antara lain dengan memonitor gaji dan imbalan kerja dalam peran yang sama. Jika Anda ingin memelihara staf kunci perusahaan, Anda harus dapat memastikan bahwa mereka termotivasi dan tidak mencari peluang kerja lainnya.

Manfaat yang signifikan diperoleh dengan melaksanakan tugas manajemen SDM standar menggunakan alat digital canggih yang memberikan lebih dari perangkat lunak biasa untuk penggajian, kontribusi jaminan sosial, dan manajemen kehadiran.

Alat digital yang paling berguna untuk manajemen SDM digital

Tugas di banyak perusahaan yang dikelola menggunakan platform yang berbeda sekarang dapat dikelola secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini adalah tugas yang dilakukan oleh Alat Manajemen SDM:

1. Platform HRMS.

Departemen Sumber Daya Manusia memiliki banyak data tentang karyawan, dan informasi yang akan dimasukkan, disimpan, dan diambil sesuai kebutuhan. Pilihan alat untuk memproses informasi ini adalah sistem manajemen sumber daya manusia yang komprehensif. Apakah itu solusi perangkat lunak atau SaaS, platform HRMS (Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia) sangat penting untuk manajemen personel yang efektif, karena memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengatur data, seperti profil karyawan, jam kerja, catatan kehadiran, hari libur, dan lebih banyak ,

Sebagian besar perangkat HRMS menyediakan platform pusat untuk manajemen SDM dan seringkali ada modul atau integrasi untuk manajemen gaji, manfaat dan evaluasi kinerja.

2. Mengelola rekrutmen

Menggunakan platform HR digital untuk mengelola rekrutmen sangat efektif, ini adalah area di mana inovasi lebih terlihat dibandingkan dengan metode tradisional. Perangkat lunak rekrutmen menyederhanakan proses pemilihan kandidat. Ini memungkinkan Anda untuk mempublikasikan iklan pekerjaan, menerima dan mengklasifikasikan aplikasi, mengelola proses pemilihan kandidat dan melakukan fungsi lain, menghilangkan kerumitan mengelola proses ini secara manual.

Merekrut karyawan baru adalah proses yang kompleks. Beberapa perekrut mencari karyawan baru dengan menerbitkan iklan di portal khusus dan menilai aplikasi pekerjaan, dan memeriksa antar jaringan kontak perusahaan. Selama proses ini, setelah kandidat dipilih, setiap kandidat perlu diwawancarai (kadang-kadang lebih dari satu kali) untuk mengevaluasi pengalaman dan motivasi mereka, dan kemudian kandidat yang paling cocok dipilih. Namun, kesalahan margin, bagaimanapun, tetap hebat sehubungan dengan kompetensi aktual mereka, kemampuan mereka untuk bekerja dalam tim dan banyak keterampilan dan bakat lain yang dianggap perlu untuk integrasi yang berhasil di perusahaan seperti, misalnya, komitmen terhadap nilai-nilai perusahaan atau kemampuan mereka untuk bekerja dalam kelompok.

Platform rekrutmen

Saat ini, platform rekrutmen memungkinkan, misalnya, kandidat potensial yang dipilih dan dihubungi secara langsung menggunakan layanan yang ditawarkan oleh LinkedIn atau portal lain yang memiliki profil ribuan orang yang tertarik untuk mengubah pekerjaan. Dimungkinkan untuk menggunakan jejaring sosial dan mengotomatiskan pemfilteran awal profil, menggunakan platform yang tidak hanya memeriksa keahlian, tetapi juga aspek lain, seperti pendekatan mereka untuk perubahan dan antusiasme untuk inovasi digital.

Merekrut orang yang sangat terampil dalam pekerjaannya tetapi tidak tertarik pada evolusi digital dari karyanya sangat berbahaya. Digitalisasi tugas dan proses adalah fenomena yang berkembang dan penting bahwa keterampilan dan bakat karyawan baru, di semua posisi, dilengkapi dengan minat nyata dalam inovasi. Dalam beberapa tahun, mereka yang dipekerjakan sekarang harus mengubah teknologi dan metode kerja. Saat ini karyawan baru harus dapat menggunakan alat untuk kerja tim dan berbagi dokumen dan proyek. Setiap karyawan harus dapat mengakses pelatihan dan berpartisipasi dalam rapat, jika diminta untuk menggunakan alat online untuk melakukannya. Oleh karena itu, perlu untuk mengevaluasi kemampuan kandidat untuk mempelajari fitur-fitur alat digital yang memfasilitasi pekerjaan mereka dengan cepat.

3. Pemantauan kinerja

Jumlah perusahaan yang menggunakan pendekatan perilaku untuk menilai dan memantau kinerja karyawan meningkat secara dramatis. Tetapi dalam beberapa kasus, ini masih dilakukan dengan mengadakan pertemuan tahunan manajer departemen dan SDM, dimungkinkan untuk mengalokasikan bonus kinerja. Seringkali prosedur ini terjadi tanpa objektivitas yang dibutuhkan, berdasarkan parameter yang tidak terkait ketat dengan hasil atau output dari masing-masing karyawan. Penting untuk mengidentifikasi tujuan setiap karyawan dan terus memantau kinerja, secara terbuka memberikan umpan balik dan evaluasi kepada manajer dan karyawan secara terus menerus. Pada akhir tahun, akan lebih mudah untuk mengumpulkan karyawan dan menyajikan kepadanya pekerjaan yang dilakukan, mengevaluasi hasil berdasarkan fakta. 

Platform Manajemen Kinerja

Ada beberapa platform di pasar yang membantu dalam tugas penting ini. Mereka memfasilitasi evaluasi kerja karyawan, berdasarkan indikator kinerja (KPI) yang ditetapkan oleh penyelia untuk bekerja dengan departemen dan manajemen SDM.

Platform ini memungkinkan Anda untuk memeriksa kinerja, mengidentifikasi bagaimana seorang karyawan, atau tim di mana ia bekerja, dapat meningkat, jika perlu untuk memberikan pelatihan yang disesuaikan untuk mengisi kekosongan. HR Digital memungkinkan untuk mendeteksi defisiensi dalam keterampilan dan kemampuan individu dan merancang pelatihan yang sesuai, yang dapat diberikan secara teratur dalam format digital. Pelatihan reguler seringkali lebih efektif bagi karyawan, terutama pada tingkat yang lebih rendah, dan dalam banyak kasus, dapat menggantikan kursus kelas tradisional. Program pelatihan berkala dalam format digital, menggunakan video dan kuesioner dapat dibagikan dengan karyawan, yang dapat memberikan umpan balik dan mengusulkan perubahan konten berdasarkan tugas yang mereka lakukan dan pengalaman yang diperoleh di lapangan.

Laporan berita terbaru tentang Amazon dan ratusan PHK yang dikelola oleh perangkat lunak yang memonitor efisiensi, manajemen istirahat, dan produktivitas menunjukkan sisi lain dari koin; Ini adalah pemantauan kinerja yang terlalu analitis dikombinasikan dengan manajemen informasi berdasarkan satu parameter. Manajemen SDM modern didasarkan pada pertumbuhan individu karyawan, dalam potensinya, dalam pelatihan yang tepat dan dipersonalisasi dan pada evaluasi hasil, yang juga dapat ditingkatkan melalui perubahan prosedur.

Ini adalah tugas perangkat lunak pemantauan kinerja: untuk memungkinkan seorang manajer, meskipun dibantu oleh laporan yang diproduksi oleh platform, untuk membuat keputusan yang tepat. Pembuat keputusan dipanggil untuk mengevaluasi manfaat yang dibawa oleh setiap karyawan ke operasi Perusahaan. Mereka juga harus mengelola tanggung jawab perusahaan untuk memastikan pengembangan potensi setiap individu dan semua sumber daya manusia, karena mereka adalah salah satu aset terpenting dari bisnis yang sukses.

4. Layanan Penggajian dan Inovasi Digital

Manajer mengharapkan departemen SDM menjadi sangat efisien dalam mengelola penggajian. Ini mungkin tampak seperti sedikit perubahan area dibandingkan dengan masa lalu, karena pembayaran gaji, pajak, dan karyawan umumnya tidak mudah diubah.

Di antara peningkatan platform penggajian baru, dibandingkan dengan perangkat lunak administrasi penggajian klasik, adalah penyederhanaan proses, manajemen berbasis cloud, dan kejelasan untuk karyawan, yang dapat mengakses data mereka dari jarak jauh dan menilai apa yang dilakukan perusahaan untuk itu dalam hal pembaruan. . Menetapkan parameter untuk setiap kelas dan gaji individu, dengan tujuan memastikan keadilan dan memfasilitasi manajemen bakat dan pengembangan karir bagi mereka yang merupakan aset penting bagi perusahaan, itu juga merupakan salah satu fitur yang disediakan pada platform manajemen gaji.

Posting Komentar

0 Komentar